Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2012

Tidak (Lagi) Sandiwara

Gambar
Ini akhir, terakhir Bukan sedang aku menunggu lagi Aku pasti, kamu menunggunya tanpa logat kata Cundangi karena ingat dari harapan Lari pelarian Lupa jiwa, suka bukanlah nyaman Ada saja sosok serupa hadiri terangku muncul sebelah sisi, sekarang Merangsang dalam tulisan lagi jalan bersama Gambar segambar ludah dalam kamar dinding barat Tidak kulepas, anak-anak jauh sana memberi bintang Kuning terang kala waktunya, masih ada Ketidakmungkinan pasti sudah ditunggu Prioritas kata kawan dicamkan Percaya Tuhan lewat sabda bunda Tidak muluk besok siang aku pergi, pergi jauh pandang rasa Untuk apa? jelas untuk membuangmu ditempat sama Lokasi merangsang memori pisah kita.

Pendidikan Islam Pluralis-Multikultural

Gambar
Pengajaran Sekolah Minggu HKBP Yogyakarta P endidikan yang seragam dan tidak menghargai terhadap pluralitas justru banyak membawa implikasi negatif. Penyeragaman bukan saja mematikan kreativitas, tetapi lebih jauh juga dapat melahirkan sikap dan cara pandang yang toleran. Membangun pendidikan yang berparadigma pluralis-multikultural merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi.  Dengan paradigma semacam ini, pendidikan diharapakan akan melahirkan anak didik yang memiliki cakrawala pandang luas, menghargai perbedaan, penuh toleransi, dan penghargaan terhadap segala bentuk perbedaan. Kata pluralis dan multikultural tidak bisa dilepaskan dari kecenderungan dunia yang kian mengglobal. Perbincangan pluralitas dal multikultural lebih banyak berkaitan ddengan aspek agama, sosial, ataupun politik. Sementara yang membahas dari aspek pendidikan relatif lebih sedikit. Oleh karena itu, menjadi hal yang wajar jika terminology pendidikan pluralis-multikultural relatif belum ba