BPJS KESEHATAN: Mau Urus Administrasi Kepesertaan JKN-KIS? Lewat HP Saja! Ada PANDAWA

Di masa pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai jenis layanan yang disediakan.

Masyarakat kini dipersilakan untuk untuk mengakses layanan administrasi di rumah saja atau tidak perlu mendatangi kantor cabang.

Hal ini dilakukan BPJS Kesehatan tidak lain untuk mendukung kenyamanan bersama, terutama meminimalirsir risiko penularan virus corona yang masih mengancam di Tanah Air.

Ketika ingin mengakses layanan, masyarakat hanya perlu memanfaatkan gadget masing-masing.

BPSJ Kesehatan salah satunya menyediakan program PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi WhatsApp).

Melalui PANDAWA, BPJS Kesehatan siap untuk merespons sedikitnya 11 jenis pelayanan yang disediakan.

Ini yang bisa diakses masyarakat:

  1. Pendaftaran Baru Peserta PBPU (Peserta Mandiri), Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN/Pegawai Negeri Sipil), dan Bukan Pekerja (BP)
  2. Penambahan Anggota Keluarga
  3. Pendaftara Bayi Baru Lahir
  4. Perubahan Jenis Kepesertaan
  5. Perubahan Data Identitas Peserta (Nama, NIK, Tanggal lahir, Alamat)
  6. Perubahan Data Golongan, Pangkat, Gaji
  7. Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
  8. Penonaktifan Peserta Meninggal
  9. Perbaikan Data Ganda
  10. Pengaktian Peserta

Untuk memanfaatkan PANDAWA, masyarakat perlu tahu dulu nomor WA yang disediakan oleh kantor cabang BPJS Kesehatan masing-masing. Ini karena nomor WA pada program PANDAWA di setiap Kantor Cabang BPJS Kesehatan berbeda.

Misalnya Kantor BPJS Kesehatan Cabang Surakarta (Solo), program PANDAWA bisa diakses di nomor 081326725767.

Sementara itu, untuk layanan administrasi lainnya, pelayanan informasi, dan penanganan pengaduan, masyarakat bisa mengakses kanal lainnya yang disediakan BPJS Kesehatan.

 Ini yang tersedia:

  1. Aplikasi Mobilie JKN yang bisa diinstal di HP masing-masing (tersedia untuk android dan iOS)
  2. BPJS Kesehatan Care Center 1500 400
  3. CHIKA di nomor WhatsApp/Telegram 08118750400 (khusus pelayanan informasi)

CHIKA adalah singkatan dari Chat Asistant JKN. 

CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspons Artificial Intelligence (AI).

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI DESA: Gentungan Munculkan Wisata Kampung Organik

Contek, Nyontek, dan Menyontek

Cara dan Gaya Perkenalan Ormawa FIP UNY